Kamis, 01 Maret 2012

Alumni dan Pengurus Pesantren Harus Bekerjasama


”Saya sangat mengharapkan, agar pengurus pesantren dan para alumni selalu saling melengkapi --khususnya tentang pemeliharaan akhlakul karimah-- baik di dalam pesantren apalagi di luar pesantren”.
Demikianlah pesan Kiai As’ad kepada para alumni. Kiai As’ad menekankan hal itu, karena para alumni masa belajar di pondok ini tidak sama. Ada yang baru dua tahun berhenti, ada yang tiga tahun dan sebagainya. Demikian juga tingkat pendidikan tidak sama. Ada yang baru Ibtida'iyah, Tsanawiyah, Aliyah atau bahkan sudah kuliah. Karena itu, pengetahuan mereka tentu berbeda. Terutama pengetahuan mereka mengenai kepesantrenan. Apalagi bila seorang santri telah meninggalkan pesantren, ia lupa tradisi pesantren, kecuali mereka yang sering berkunjung ke pesantren ini. Karena itu, Kiai As’ad harapkan antara alumni dan pengurus pesantren saling melengkapi, saling mengisi kekurangan yang satu dengan yang lain.
Dawuh Kiai As’ad tersebut amat penting artinya. Karena itu beberapa waktu yang lalu di Pondok Sukorejo diselenggarakan Orientasi Calon Alumni. Orientasi Calon Alumni salah satu manfaatnya adalah untuk menegakkan kembali komitmen para alumni kepada Pondok Sukorejo. Untuk meningkatkan kembali komitmen alumni agar antara mereka dan pengurus pesantren saling melengkapi, saling mengisi kekurangan satu sama lain, sebagaimana harapan Kiai As’ad tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share